Rabu, 15 Oktober 2014

Psikologi Manajemen

1. Definisi Manajemen

Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata manajemen berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. 

Manajemen menurut beberapa ahli : 

Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen: sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

James A.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jadi Manajemen adalah sebuah proses perencanaan , perngorganisasian, pengkoordinasian, pengontrolan dan penggunaan sumber daya untuk mencapai sasaran yang telah diterapkan secara efektif dan efisien.

2. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah sebuah hubungan yang saling mempengaruhi di antara pemimpin dan pengikut (bawahan) yang menginginkan perubahan nyata yang mencerminkan tujuan bersamanya (Joseph C. Rost.,1993).

Kepemimpinan juga merupakan bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu yang berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi yang khusus (Kartono, 2003).

Mujiono (2002), memandang bahwa kepemimpinan sebenarnya sebagai akibat pengaruh satu arah yang memiliki kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya.

Dari beberapa pendapat ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah hubungan saling mempengaruhi diantara pemimpin dan pengikut yang menginginkan perubahan nyata untuk tujuan bersama yang merupakan bentuk dominasi atas kemampuan pribadi dan kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan penikutnya.

Sumber :
http://www.slideshare.net/CristianYLokas/30-definisi-manajemen-menurut-para-ahli
http://belajarpsikologi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar