Rabu, 15 Oktober 2014

PERENCANAAN (PLANNING) & LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN PERENCANAAN

1. Definisi Perencanaan


Perencanaan adalah suatu peroses yang tidak pernah berakhir. Apabila sebuah rencana telah ditetapkan maka dokumen yang menyangkut perencanaan terkait harus diimplementasikan. Perencanaan merupakan upaya menyusun berbagai keputusan yang bersifat pokok, yang dipandang paling penting dan yang akan dilaksanakan menurut urutannya guna mencapai tujuan yang telah ditetepakan (Deacon). 

Perencaan menurut para ahli :
Menurut Kusmiadi, perencanaan adalah proses dasar yang digunakan untuk memilih tujuan-tujuan dan menguraikan bagaimana cara mencapainya. 
Menurut Louis, A,Allen, perencanaan adalah menentukan serangkaian tindakan untuk mencapai hal yang diinginkan.

Menurut Waterson, perencaan merupakan usaha dasar, terorganisir, dan terus menerus guna memilih alternatif untuk mencapai tujuan tertentu.
2. Langkah - langkah dalam Menyusun Perencanaan

A. Menetapkan sasaran
     Kegiatan apa saja yang ingin di capai oleh organisasi, harus mempunyai sasaran yang jelas dan mengkalkulasi sasaran tersebut  kemudian mengarahkan segala sumber daya yang efektif dan efisien agar dapat tepat sasaran.
B. Merumuskan posisi organisasi
     Biasanya pimpinan harus tahu dengan posisi organisasinya saat ini. Sumber daya apa yang dimiliki organisasinya kemudian barulah rencana dapat disusun setelahnya. Kekuatan-kekuatan yang akan melaksanakan dari apa-apa yang telah direncanakan dengan mengetahui keuangan dan statistik organisasi saat ini. 
C. Mengidentifikasi berbagai faktor
     Mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung baik yang dari dalam maupun dari luar yang diperkirakan dapat membantu dan mendukung serta menghambat organisasi untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan. 
D. Menyusun langkah mencapai sasaran
    Langkah terakhir dalam menyusun perencanaan adalah mengembangkan berbagai kemungkinan alternatif  untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan, mengevaluasi alternatif ini dengn memilik mana yang baik dan mana yang dianggap cocok dan memuaskan. 


Sumber :
http://www.slideshare.net/Barnanda/arti-perencana-menurut-para-ahli
http://dilihatya.com/1142/pengertian-perencanaan-menurut-para-ahliStephen P Robbins & Mary Coulter, Manajemen, Jakarta, Indeks Group Garamedia. 2004 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar