Sabtu, 15 Oktober 2011

Tugas Softskill

Etika Berinternet
             
Dalam bermain internet, kita tentu saja tidak bisa sewenang-wenang. Apa karena tidak ada yg mengawasi kita atau melihat kita bermain internet lalu kita bisa sesukanya? Tentu tidak. Ternyata, saat kita login pun terdapat sebuah badan pemerintah yang mengawasi kita. Itu berarti kita punya etika-etika berinternet atau aturan agar tidak terkena atau dibilang menyalahi penggunaan internet.

 Beberapa etika berinternet yaitu:

1. Menulis dengan huruf besar sama dengan berteriak. 
Orang tidak suka berkomunikasi dengan orang yang berteriak-teriak, seolah-olah dia tidak mendengarkan.

2. Jangan membicarakan orang lain.
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan- kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama "Forward", yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.

3. Perlakukan E-mail secara pribadi.
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan secara pribadi, tidak sepatutnya kita mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.

4. Gunakan Internet untuk mencari informasi yang diperlukan. Gunakan search engine yang tepat.

5. Jangan memberi personal information.

Masih bnyak lagi etika berinternet yang mungkin tidak saya ketahui. Jadi jangan asal bermain internet, kita perlu mengingat etika-etika berinternet jika kita tidak mau terlibat masalah-masalah di dunia maya. 

Sumber:


2. http://zulkarnaen.wordpress.com/2008/02/20/etika-berinternet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar