Minggu, 18 Maret 2012

Tugas SoftSkill

Psikologi Kesehatan Mental

Mental yang sehat adalah dambaan setiap orang. Namun, untuk memilikinya tidaklah mudah. Terdapat banyak problema yang membuat mental atau jiwa kita tidak sehat. Para ahlipun kini meneliti untuk menemukan upaya meningkatkan kesehatan mental.

Pengertian Kesehatan Mental.

Terdapat beberapa pengertian kesehatan mental, diantaranya :

1. Kesehatan mental adalah terhindarnya orang dari gejala gangguan jiwa (neurose) dan dari gejala-gejala penyakit jiwa (psichose). Definisi ini banyak dianut di kalangan psikiatri (kedokteran jiwa) yang memandang manusia dari sudut sehat atau sakitnya. 

2. Kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan dirinya sendiri, dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan tempat ia hidup. Definisi ini tampaknya lebih luas dan lebih umum dari pada definisi yang pertama, karena dihubungkan dengan kehidupan sosial secara menyeluruh. Kemampuan menyesuaikan diri diharapkan akan menimbulkan ketenteraman dan kebahagiaan hidup.

Ada pula faktor yang mempengaruhi kesahatan mental seseorang. Yang pertama ialah faktor internal. Faktor ini berasal dari dalam diri seseorang seperti sifat, bakat, keturunan dan sebagainya. Yang kedua yaitu faktor eksternal. Faktor ini berada di luar diri seseorang yang dapat mempengaruhi mental seseorang. Lingkungan eksternal yang paling dekat dengan seorang manusia adalah keluarga. Sedangkan diluar keluarga seperti hukum, politik, sosial budaya, agama, pemerintah, pendidikan, pekerjaan, masyarakat, dan sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar